Yuk Ikuti Moment-Moment Mendebarkan Perkembangan Janin Anda!

Memiliki seorang anak adalah hal yang paling didamba oleh semua pasangan. Tidak jarang pasangan yang belum dikaruniai seorang keturunan akan mencoba berbagai macam cara agar bisa hamil. Lalu bagi mereka yang telah diberikan kesempatan, mengabadikan perkembangan janin dari usia satu bulan hingga ia lahir adalah salah satu moment indah sekaligus mendebarkan. Bagaimanakah tahapan perkembangan seorang bayi dalam kandungan? Apa sajakah bagian tubuhnya yang mulai berkembang pada setiap minggunya? Pasti Anda penasaran bukan?

Tahapan Perkembangan Bayi

Umumnya masa kehamilan berlangsung selama 40 minggu terhitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Perkembangan janin pada tri semester pertama sangat penting karena pada masa-masa inilah pembentukan organ dalam seorang manusia. Untuk lebih jelasnya, inilah info selengkapnya.

  1. Minggu ke 1 – ke 4

Sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma akan membentuk 100 sel yang akan menjadi sebuah janin. Sel ini akan terus membelah dan menjadi embrio yang akan menempel pada dinding rahim. Embrio berkembang membentuk tiga lapisan yaitu endoderm, mesoderm, dan ektoderm. Lapisan inilah yang akan menjadi cikal bakal organ dalam seperti jantung, otak, tulang, otot, sistem pencernaan, sistem reproduksi dan sistem syaraf.

 

Embrio berhasil menempel pada dinding rahim dengan sempurna, diikuti pembentukan plasenta dan ari-ari. Pada minggu ke 4, jantung sudah terbentuk beserta seluruh pembuluh darahnya. Pembentukan organ bagian dalam ini sangat penting, oleh sebab itu untuk menghindari terjadinya kelainan atau kesalahan dalam proses pembentukannya, ibu sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi penting seperti asam folat, DHA dan omega 3.

 

  1. Minggu ke 5 – ke 8

Pembentukan tangan sudah dimulai pada minggu kelima, akan tetapi jari-jarinya masih belum sempurna. Pada masa ini, ukuran embrio masih sebesar kacang polong yaitu sekitar 12mm. Sistem pencernaan sedang dalam masa pembentukan juga. Minggu ketujuh, embrio akan berukuran sekitar 19mm. Embrio sudah bisa disebut sebagai janin karena bentuknya sudah terlihat seperti manusia.

 

  1. Minggu ke 9 – ke 12

Pada minggu ini, janin akan terlihat lebih jelas. Mata sudah nampak lebih besar dan berwarna, mulut dan lidah juga sudah terbentuk dengan sempurna. Pada minggu ke 10, janin berukuran sekitar 7,5 cm. Kepalanya masih nampak lebih besar dari tubuhnya. Jantung sudah berdetak dengan kecepatan 180 kali per menit.

 

  1. Minggu ke 13 – ke 17

Berat janin mencapai 60 – 120 gram. Pada awal minggu ke 13, tulang janin sudah mulai mengeras. Ia akan mulai tidur, bermimpi kemudian bangun. Orang tua sudah bisa melihat jenis kelamin calon bayi pada minggu ke 16.

 

  1. Minggu ke 18 – ke 22

Ukuran janin mencapai panjang sekitar 25 cm hingga 28 cm dengan berat antara 227 – 454 gram.  Pada usia ini, janin sudah bisa memberikan respon atau suara yang ia dengar dari luar.

 

  1. Minggu ke 23 – ke 26

Organ dalamnya seperti pankreas dan paru-paru sudah berfungsi secara optimal. Wajahnya pun sudah terlihat lebih jelas. Jika janin bisa mencapai usia ini, maka kemungkinan besar ia akan dapat dilahirkan dengan sempurna.

 

  1. Minggu ke 27 – ke 31

Semua organ tubuh menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Pada beberapa kasus, janin di usia ini sudah bisa dilahirkan meskipun nantinya akan memiliki resiko cacat atau berat badan kurang.

 

  1. Minggu ke 32 – ke 36

Janin sudah semakin membesar dan bergerak lebih banyak. Tidak jarang ia akan menendang perut ibunya. Kulit janin akan berwarna pink dan sangat halus.

 

  1. Minggu ke 37 – ke 40

Usia terakhir kehamilan, ukuran janin yang semakin besar membuat kondisi di dalam rahim terasa sesak sehingga ia tidak lagi banyak bergerak. Semua organnya telah berfungsi dengan sempurna sebagai persiapan lahir.

Mengikuti setiap perkembangan janin melalui USG setiap bulan akan memberikan rasa haru dan mendebarkan bagi para orang tua. Melihat bahwa calon bayi mereka tumbuh dengan sempurna akan menjadi hal terindah yang akan didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *